Mitos kungkum dari kerajaan Pengging

Tanpa bermaksud apa-apa, saya hanya ingin berbagi info ternyata di Indonesia masih banyak yang mempercayai kekuatan mistik untuk mendapatkan kekayaan,mendapatkan pangkat, serta untuk berjudi. di daerah saya masih banyak masyarakat yang melakukan ritual seperti memberikan sesajen, berendam di pemandian sendang- sendang bekas peninggalan kerajaan. ya saya tinggal di daerah bekas kerajaan Pengging – mataram kuno. Mitos kungkum dari dahulu sampai sekarang masih dipercaya oleh masyarakat .

Foto0163

Alasan masih banyak yang mempercayai tradisi kungkum karena tiga hal yaitu pertama berdasarkan keyakinan dari masyarakat, bahwa orang-orang dahulu setiap ada masalah, sebagai usaha terahir mereka melaksanakan ritual kungkum di Umbul Sungsang Pengging, dan kenyataan juga banyak yang berhasil setelah melakukan kungkum tersebut. Yang kedua, berdasarkan kelakuan para raja-raja dahulu banyak yang menggunakan Umbul Sungsang sebagai tempat untuk mandi dan ritual kungkum ketika kraton atau raja tersebut memiliki masalah. Jadi masyarakat sekarang ingin meniru apa yang telah dilakukan raja tersebut, hal ini karena raja adalah sosok penting bagi masyarakat, tentunya dengan meniru kelakuan raja tersebut, masyarakat berharap akan mendapatkan berkah dari ritual tersebut.

Ketiga, berdasarkan apa yang pernah dilakukan oleh Bagus Burhan (Ronggowarsito), ketika menimba ilmu ke pondok pesantren. Meskipun Bagus Burhan tidak melaksanakan kungkum di Umbul Sungsang, hal apa yang dilakukannya dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat untuk melakukan ritual kungkum. Hal ini karena, Bagus Burhan (Ronggowarsito)merupakan pejuang Kraton yang terkenal dikalangan masyarakat jawa dengan karya-karyanya. Selain itu  dia juga merupakan seorang putra dari R.NG.Yosodipuro, sosok penting bagi masyarakat pengging. Jadi masyarakay sekarang , meniru apa yang dilakukan Bagus Burhan pada waktu itu.

Zaman sudah maju teknologi sudah canggih,namun nyatanya masih saja ada yang percaya sama mitos. Kalo menurut saya sama sekali ga percaya dan ga boleh percaya. karena itu bisa terjerumus sama perbuatan syirik. Dan sabda nabi ‘Barang siapa membenarkan perkataan dukun maka 40 hari shalatnya gugur..Sayang sekali jika pahala shalat sampe habis gara-gara dukun.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s